Monday, October 3, 2011

Media Pembelajaran

KOTAK RAHASIA

    Kotak rahasia adalah suatu permainan kata yang ditujukan untuk anak yang sudah dapat mengeja sebagai latihan membaca. Kotak ini dihias secara menarik, kemudian diisi dengan gambar atau miniatur objek.
    Label masing-masing miniatur atau gambar objek di tulis pada kertas (ukuran 5 cm x 7 cm) yang kemudian dilipat menjadi dua. Anak diminta memilih salah satu kertas yang terlipat , ncoba membacanya, menyebutkan dan mengambil miniature yang sesuai.
    Agar lebih menarik, kita buat permainan dengan tema tertentu. Misalnya, temanya adalah ‘di taman’, maka kumpulkan objek yang berkaitan, seperti daun dari plastik atau daun asli, batu kecil, biji-bijian, gambar berbagai serangga serta reptil yang dapat ditemukan di taman.
    Selain dengan permainan kotak ajaib ini, kita juga dapat mengajak anak belajar merangkai kata dengan menggunakan huruf yang dibuat dari kertas karton. Warna huruf vokal dan konsonan  di bedakan atas dua warna.
    Dalam permainan kita sebutkan nama objek secara jelas berulang dan ajak anak memperhatikan bunyi huruf. Untuk setiap bunyi yang didengar, anak diminta untuk mengambil huruf yang sesuai. Misalnya kata ‘gajah’.
    Jika ada huruf yang terlewatkan oleh anak, sebut nama objek sekali lagi dan tekankan bunyi yang terlewatkan. Kumpulkan berbagai objek dan simpan dalam ktak ajaib tadi.

Nah ini yang q jadikan pas ujian praktik final test mata kuliah Media Pembelajaran dan Alhamdulillah dapat nilai A. :)

No comments:

Post a Comment